JELAMBAR AQUATIC LIFE
   
       
  KEKERASAN AIR ( WATER HARDNESS )      
 

Kekerasan air (water hardness) adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur unsur-unsur terlarut dalam air seperti kalsium, garam magnesium, dan unsur-unsur alam lainnya.

Kekerasan air dapat dibedakan menjadi dua, yakni kekerasan air sementara (temporary hardness) dimana kekerasan air ini mudah dan akan berubah dalam jangka waktu tertentu (bersifat sementara), dan kekerasan air permanen (permanent hardness).

Kekerasan air sementara terbentuk dari kumpulan (susunan) kalsium dan magnesium dengan asam karbon (carbonic acid), sehingga kekerasan air sementara ini lebih sering dikenal sebagai kekerasan karbonat (carbonate hardeness) dengan simbol kH, dan ada pula yang menyebutnya sebagai alkalinitas (alkalinity) Kekerasan karbonat inilah yang menjaga kestabilan pH air atau sebagai ”buffer” dari pH air. Semakin rendah nilai kH akan semakin menyebabkan ketidakstabilan pH air yang tentunya akan berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman hias air yang mendiaminya.

Tingkat kekerasan karbonat (kH) dapat menurun atau berkurang (low kH) dikarenakan ketersediaan sumber bahan bakunya yakni unsur yang terbentuk dari karbon (Co) ikut menurun atau berkurang. Hal ini dapat disebabkan oleh karena adanya proses penguraian biologi yang terjadi dalam akuarium atau kolam, dimana tanaman air akan banyak mengkonsumsi karbondioksida untuk proses fotosintesanya. Tingkat kekerasan karbonat (kH) dapat menurun atau berkurang (low kH) juga dikarenakan adanya penggantian air dengan kadar unsur pembentuk kH yang lebih sedikit dan atau dikarenakan pasokan oksigen berlebih yang dapat mengusir karbondioksida terlarut.

Kekerasan air permanen merupakan konsentrasi unsur-unsur alam terlarut dalam air lainnya seperti nitrat, fosfat, sulfat, dan lainnya, selain yang membentuk kekerasan karbonat (kH).

Penggabungan kekerasan karbonat dengan kekerasan permanen akan membentuk apa yang disebut dengan kekerasan total (total hardness) atau lebih sering dikenal dengan general hardness (gH). Semakin tinggi gH air maka air akan semakin keras dan begitu juga sebaliknya.

 
           
     
Fendy Surya Lukito
 
           
 
 
           
 
Topik Terkait :
 
  >  Tabel Kekerasan Air (gH)  
   
           
           
© Jelambar Aquatic Life