JELAMBAR AQUATIC LIFE
       
           
  ALAT PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF TANAMAN (HIAS) AIR  
 

Pada umumnya tanaman air akan dapat berkembang-biak dengan sendirinya dalam suatu habitat tanpa perlu adanya bantuan dari manusia, begitu juga dalam akuarium atau kolam.

Tanaman air akan berkembang-biak apabila kondisi lingkungan dan faktor-faktor pendukungnya sudah stabil dan tepat. Kondisi lingkungan antara lain ditentukan oleh penggunaan media tanam, kualitas & kimia air yang baik dan cocok, dan yang merupakan faktor-faktor pendukungnya adalah berupa intensitas sinar, suhu, dan kebutuhan CO2 serta pupuk yang tepat.

 
 
 
     
  Biasanya tanaman air bereproduksi secara vegetatif yang berarti tanaman air dapat memperbanyak diri dengan berbagai macam bagian dari tubuh induknya. Perkembangbiakan secara vegetatif ini dapat berupa :  
     
 
1. Sulur (runners), berkembang biak dengan sulur yang tumbuh (berasal) dari induk, kemudian membentuk tunas-tunas yang tumbuh disepanjang sulur tersebut.
 
 


Contoh :
- Echinodorus tenellus
- Valisneria, Valisneria spiralis

 
     
 
2. Rumpun (shoot division), tunas-tunas tanaman tumbuh berdekatan dengan tanaman induk sehingga berangsur-angsur membentuk rumpun.
 
 


Contoh :
- Echinodorus amazonicus
- Echinodorus bleheri
- Echinodorus cordifolius
- Vesicularia dubyana

 
     
 
3. Akar Tinggal / Rimpang (rhizome), adalah batang di bawah tanah yang tampak seperti akar, dan juga berfungsi sebagai tempat menyimpan zat-zat makanan.
 
 


Contoh :
- Cryptocorine
- Echinodorus
- Nuphar japonica
- Nymphaea maculata

 
     
 
4. Setek Batang (cuttings), penyetekan dilakukan dengan pemotongan pucuk tanaman muda atau bagian tengah dan sisi tanaman, atau pada bagian batang yang sudah terlihat tunas sisi nya (side shoots).
 
 

Contoh :
- Cabomba
- Hygrophilla difformis
- Ludwigia "Green". Ludwigia "Red", Ludwigia repens / natans
 
     
 
5. Tunas Anak Tanaman (adventitious plantlets), anak tanaman baru (planlets) yang akan membentuk tunas tumbuh pada tempat yang tidak semestinya dari organ manapun dari tanaman induknya, seperti akar, daun, atau tangkai bunga yang keluar arah.
 
 

Contoh :
- Ceratopteris thalictroides
- Microsorium pteropus
- Nymphoides aquatica
 
     
     
 
Sumber : Roospitasari, Kinanti & Budiana, N.S., Tanaman Hias Akuarium , Penebar Swadaya, Jakarta. 2004
 
           
 
 
           
           
© Jelambar Aquatic Life