JELAMBAR AQUATIC LIFE
   
       
  MINERAL YANG DIBUTUHKAN OLEH TANAMAN (HIAS) AIR  
 
Ada beberapa jenis mineral yang dibutuhkan oleh Tanaman (Hias) Air. Besar-kecil kebutuhan akan mineral tersebut berbeda antara tanaman yang satu dengan yang lainnya. Mineral ini menjadi nutrisi bagi tanaman (hias) air tersebut. Mineral yang dibutuhkan tersebut dapat dikelompokan menjadi mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar dan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah kecil.
 
           
 
 
           
  Mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar  
 

Mineral yang dibutuhkan dalam jumlah besar ini adalah nitrogen (Nitrogen), fosfor (Phosphorus), Belerang (Sulfur), Potasium, Kalsium (Ca), dan magnesium (Mg).

Tanaman mengambil nitrogen dari nitrate (NO3) atau amonia (NH4), yang digunakan untuk sintesis asam amino dan protein, sedangkan fosfor diperoleh dari fosfat (PO4), dimana dalam hal ini hasil sintesis dan fosfat tersebut merupakan sumber energi bagi tanaman. Biasanya nitrat dan fosfat ini merupakan limbah dari hasil ekskresi / pembuangan ikan, atau pembusukan organik. Mineral lainnya, yakni belerang, potasium, kalsium, dan magnesium dibutuhkan untuk sejumlah reaksi enzimatik, seperti fotosintesis dan metabolisme, yang akan terlihat dari pertumbuhan yang baik, bentuk daun yang bagus dan berwarna hijau.

 
     
  Mineral yang dibutuhkan dalam jumlah kecil  
 

Mineral yang dibutuhkan dalam jumlah kecil ini adalah besi (Fe), tembaga (Cu), mangan (Mn), seng (Zn), boron (B), molybdenum (Mo), vanadium (V).

Besi merupakan bagian dari enzim sintesis klorofil, klorofil mengandung lebih banyak magnesium dari pada besi. Kekurangan mineral besi ini dapat mengakibatkan daun menjadi kuning (klorofil berkurang). Molybdenum membantu tanaman untuk dapat mengambil nitrat, dengan cara membantu memecah unsur polutan. Sedangkan mangan dan vanadium bertugas menjaga kelangsungan aktivitas enzim.

 
           
 
 
           
 
Topik Terkait :
 
   
   
           
           
© Jelambar Aquatic Life