JELAMBAR AQUATIC LIFE
 
       
  PENYAKIT PADA IKAN HIAS
[ kembali ]  
 
Disebabkan oleh Crustacea (crustacean) :
 
 
1. Lernaea
Lernaea ini sering disebut Anchorworm, hal ini dikarenakan crustacea ini mempunyai organ penghisap seperti jangkar (anchor) yang menancap dalam pada kulit ikan, dan bagian tubuh lainnya akan terlihat diluar, menggantung, berbentuk memanjang berwarna putih, dan bercabang (cagak) pada ujung nya. Pada ujung ini berkembang telur-telur dari lernaea, dimana setelah telur tersebut matang akan jatuh / lepas dan pecah, tumbuh lernaea baru (larva). Setelah telur lepas, induk lernaea ini akan mati dan lepas dari selaput / kulit ikan. Selama menjadi larva, lernaea ini akan menjadi parasit dan dapat menyerang insang ikan dan menghisap darah ikan tersebut, kemudian larva tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Pada tahap kematangan sexual, setelah larva jantan dan betina bertemu, larva betina akan meninggalkan ikan dan berenang bebas, sampai menemukan ikan yang akan menjadi inangnya. Lernaae yang menempel dapat dicabut menggunakan pinset, dan diberi obat pada lukanya.
 
 
  © JBL
  © JBL
 
 
     
 
2. Argulus
Kutu ikan ini bukan merupakan serangga, tetapi jenis crustacea. Argulus adalah perenang yang baik, dan akan menempel pada ikan untuk menghisap darah. Argulus biasanya akan menempel pada ikan hanya pada saat mereka membutuhkan makanan (darah), dan akan lepas setelah itu untuk mencerna. Argulus akan menempel kembali apabila mereka merasa lapar. Umumnya kutu ini berukuran antara 5 dan 8 mm. Pada tubuh ikan akan terlihat bekas tusukan-tusukan berwarna merah (darah).
 
 
  © JBL
  © JBL
 
 
     
 
3. Ergasilus
Ergasilus ini mirip dengan lernae, mereka mempunyai salah satu ujung yang bercagak membentuk pengait, yang akan digunakan untuk menusuk kulit pada bagian insang ikan. Ergasilus berukuran 1.5 mm. Hanya Ergasilus betina yang akan menyerang dan menempel pada ikan sebagai parasit, sedangkan Ergasilus jantan akan berenang bebas sebagai plankton. Ikan akan kehilangan banyak darah, dan kadang akan disertai dengan infeksi lain seperti insang membusuk (gill rot). Ergasilus berkembang berawal pada tahap larva yang dikenalkan pada akuarium / kolam melalui makanan hidup.
 
     
     
 
 
 
       
           
© Jelambar Aquatic Life