JELAMBAR AQUATIC LIFE
   
       
  HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH DAN MEMBELI AKUARIUM  
 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan membeli akuarium, agar penggunaan dari akuarium tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak menimbulkan kerugian bagi para hobis nantinya. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
 
           
  Tempat / lokasi untuk meletakan akuarium  
 
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan tempat / lokasi untuk meletakan akuarium. Posisi letak yang baik adalah yang dapat memberikan nuansa harmonis dengan lingkungan sekitarnya. Perlu diperhatikan untuk akuarium yang akan digunakan untuk aquascape lebih baik diletakan pada ruangan yang terkena (ada) cahaya matahari, karena cahaya matahari ini dapat membantu proses fotosintesis pada tanaman air, pada siang hari. Tetapi hal ini tidak mutlak, karena pada saat ini sudah ada lampu penerang akuarium yang memiliki sinar sebagai pengganti cahaya matahari.
 
           
  Ketebalan kaca akuarium    
 
Setelah tempat tersedia, ketebalan kaca menjadi prioritas berikutnya. Perhatikan perbandingan antara panjang, lebar, dan tinggi akuarium dengan ketebalan kaca yang optimum / safety. Kaca yang tidak mampu menahan kapasitas beban (volume air) dari suatu ukuran akuarium tertentu akan menyebabkan akuarium tersebut retak bahkan pecah, dan tentunya hal ini akan sangat merugikan kita karena isi akuarium dan peralatan yang telah ditata dengan baik akan sia-sia, dan menghabiskan waktu untuk memperbaikinya kembali. Untuk akuarium dengan tepi membulat (tidak terlihat sambungan) akan lebih sulit memperbaikinya atau bahkan tidak dapat dipakai kembali.
 
           
  Ukuran dan bentuk fisik akuarium      
 
Ukuran akuarium harus disesuaikan dengan ruangan / tempat di mana kita akan meletakan akuarium tersebut, dan kemampuan kita untuk merawatnya. Hal ini dapat diperhatikan sebagai berikut :

Akuarium dengan ukuran besar (semakin besar) :

1. Memiliki kekurangan sebagai berikut :
    a. Membutuhkan ruang / tempat yang cukup / luas.
    b. Membutuhkan peralatan yang mempunyai kapasitas lebih besar, yang tentunya akan semakin mahal,
        baik dari harga peralatan itu sendiri, maupun dari listrik yang digunakan.
    c. Membutuhkan air yang cukup / banyak, apabila kita menggunakan air PAM akan membuat tagihan
        PAM kita membengkak.
    d. Membutuhkan kondisioner air (jika diperlukan) yang lebih banyak, yang tentunya juga akan menambah
        biaya perawatan.
    e. Membutuhkan tenaga lebih untuk membersihkan / merawat akuarium tersebut.

2. Memiliki kelebihan sebagai berikut :
    a. Memberikan ruang yang cukup untuk ikan hias / tanaman air yang akan dipelihara.
    b. Pergerakan dan perputaran arus yang cukup / baik
    c. Suhu air yang lebih dingin dan stabil.

Sedangkan untuk akuarium dengan ukuran kecil / semakin kecil mempunyai kekurangan dan kelebihan sebaliknya dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki akuarium dengan ukuran besar / semakin besar.

Bentuk fisik akuarium juga perlu diperhatikan, karena dari bentuk fisik dan ukuran akuarium tersebut perlu diperhatikan kesesuaian dengan ukuran peralatan yang akan digunakan, seperti diperlukan atau tidaknya bahan-bahan penyangga untuk peletakan pipa-pipa filter, selang aerator, heater, uv filter, dan lampu. Akuarium dengan bentuk bulat atau silindris akan menyulitkan dalam peletakan peralatan tersebut.
 
           
  Buat sendiri atau membeli akuarium jadi    
 

Akuarium beli jadi ini biasanya jauh lebih manis bentuknya daripada yang kita buat sendiri di tukang / toko kaca. Kelebihan dari akuarium beli jadi ini mempunyai beberapa bentuk yang sulit dibuat di tukang / toko kaca biasa., seperti bentuk membulat pada sisi-sisinya, atau bulat keseluruhannya (bentuk silindris) dan padanan kaki akuarium yang sudah disediakan. Kekurangannya adalah ketebalan kaca yang telah ditetapkan dari pabrikan biasanya memiliki ukuran ketebalan optimum (bukan safety), dan apabila terjadi kerusakan, keretakan, atau bahkan pecah akan sulit untuk memperbaikinya seperti semula. Akuarium yang kita buat sendiri lebih fleksibel dalam ukuran dan bentuk karena dapat disesuaikan dengan ruang atau tempat kita akan meletakan akuarium tersebut, selain itu akan lebih mudah memperbaikinya jika terjadi kerusakan, retak, atau pecah sebagian.

 
           
           
     
Oleh : Fendy Surya Lukito
 
           
           
© Jelambar Aquatic Life