JELAMBAR AQUATIC LIFE
 
       
  PERALATAN AQUARIUM  
 
 
  Filter UV / UV Clarifier / UV Sterilizer  
 
Filter UV ini merupakan alat yang menghasilkan cahaya ultraviolet (UV) yang mempunyai fungsi untuk menghilangkan / mengurangi organisme yang merugikan seperti bakteri, jamur (fungi) dan lumut (algae). Pada dasarnya alat ini lebih sering digunakan untuk kolam dibandingkan untuk akuarium, karena minimal kapasitas penggunaan alat ini yang cukup besar (berkisar ratusan liter ke atas) dan juga mempunyai tujuan semula untuk menjernihkan air kolam yang terserang lumut (algae) hijau. Ada dua tipe UV Clarifier ini, yakni yang diletakan di dalam akuarium atau kolam (submersible UV sterilizer) dan yang diluar akuarium atau kolam.
 
 

Submersible UV Sterilzer, alat UV filter ini diletakan / berada di dalam air akuarium / kolam, tabung pencahayaan UV akan bersinggungan langsung dengan air. Alat ini ada yang menggunakan mesin pompa dan ada yang tidak, hanya dicelupkan saja.
 
 
     
 
         Gbr Produk : MICRA UV Sterilizer
 
 
 
Kelebihan :
1.
Ukuran lebih kecil dari UV Sterilizer yang diletakan di luar akuarium / kolam.
2.
Mudah dalam penggunaan & penerapannya karena tidak menggunakan bantuan filter air untuk mengaliri tabung UV.
 
 
 
Kekurangan :
1.
Mengurangi keindahan dan luas akuarium.
2.
Apabila terjadi kebocoran akan menyebabkan aliran listrik masuk ke dalam air.
3.
Pencahayaan UV akan langsung mengenai ikan yang berada di dalam akuarium atau kolam.
4.
Bagi akuarium / kolam yang tidak luas, suhu air akan meningkat secara perlahan.
 
     
 
 
     
 
UV Sterilizer yang berada di luar akuarium, air akan masuk ke dalam tabung melalui lubang pemasukan air yang kemudian akan mengaliri tabung transparan (kaca) yang berada didalam tabung luarnya, dimana di dalam tabung dalam terdapat lampu (neon) UV, setelah itu air akan keluar melalui lubang pengeluaran,
 
 
     
 
         Gbr Produk : TetraPond UV Clarifier & Pondmaster UV
 
 
 
Kelebihan :
1.
Apabila terjadi kebocoran tidak menyebabkan aliran listrik masuk ke dalam air, karena terdapat tabung internal di dalam tabung UV Sterilizer nya.
2.
Pencahayaan UV tidak langsung mengenai ikan yang berada di dalam akuarium atau kolam.
 
 
 
Kekurangan :
1.
Membutuhkan bantuan filter air kapasitas besar, dimana ukuran lubang pemasukan dan pengeluaran air pada UV Sterilizer tidak cocok dengan pipa-pipa filter air kapasitas kecil.
2.
Membutuhkan pemasangan & penempatan yang tepat di luar akuarium / kolam.
3.
Relatif lebih sulit dalam penggunaan & penerapannya.
 
 
Alat ini merupakan alat tambahan (optional) karena belum tentu alat ini berguna sepenuhnya dalam akuarium yang terawat dengan baik, selain itu harganya juga relatif mahal. Alat ini cocok untuk dipakai pada akuarium karantina atau pada akuarium dimana ikannya mudah terserang penyakit, dan juga pada kolam ikan yang terserang lumut (algae) hijau (air berwarna hijau).

Sebaiknya alat ini tidak aktif (on) selama 24 jam, beri jeda waktu dalam pemakaiannya untuk stop (off) karena pencahayaan UV yang terus menerus, pada beberapa jenis ikan, akan menyebabkan kulit / sisik ikan terbakar (menjadi hitam), dan air akan panas.
 
           
           
 
Fendy Surya Lukito
 
 
Foto Credits : newsobo
 
           
 
 
           
           
© Jelambar Aquatic Life